Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Rabu, Maret 21, 2012

KRIPTOGRAFI

/ On : 03.11/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan hubungan saya lebih lanjut via e-mail di herdiansyah_hamzah@yahoo.com.
KRIPTOGRAFI

1.         Pengertian
Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti keabsahan, integritas data, serta autentikasi data. Kriptografi tidak berarti hanya memberikan keamanan informasi saja, namun lebih ke arah teknik-tekniknya.

Ada empat tujuan mendasar dari ilmu kriptografi ini yaitu :
a.   Kerahasiaan, adalah layanan yang digunakan untuk menjaga isi dari Informasi dari siapapun kecuali yang memiliki otoritas. 
b.   Integritas data, adalah berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah. Untuk menjaga integritas data, sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, antara lain penyisipan, penghapusan, dan pensubsitusian data lain kedalam data yang sebenarnya.
c.   Autentikasi, adalah berhubungan dengan identifikasi, baik secara kesatuan sistem maupun informasi itu sendiri. Dua pihak yang saling berkomunikasi harus saling memperkenalkan diri. Informasi yang dikirimkan melalui kanal harus diautentikasi keaslian, isi datanya, waktu pengiriman, dan lain-lain. 
d.   Non-repudiasi, yang berarti begitu pesan terkirim, maka tidak akan dapat dibatalkan.
  
2.         Teknik Kriptografi
Secara umum dikenal dua teknik dalam kriptografi, yaitu symmetric-key dan asymmetric-key (public-key).
a.   Symmetric-key
Skema enkripsi akan disebut symmetric-key apabila pasangan kunci untuk proses enkripsi dan dekripsinya adalah sama. Pada skema enkripsi symmetric-key dibedakan menjadi dua kelas, yaitu block-cipher dan stream-cipher.  Block-cipher adalah ske ma enkripsi yang akan membagi-bagi plaintext yang akan dikirimkan menjadi string-string (disebut blok) dengan panjang t, dan mengenkripsinya per-blok. Pada umumnya, block-cipher memproses plaintext dengan blok yang relatif panjang lebih dari 64 bit, untuk mempesulit penggunaan pola-pola serangan yang ada untuk membongkar kunci. Sedangkan skema stream-cipher pada dasarnya juga block-cipher, hanya dengan panjang bloknya adalah satu bit.

b.   Asymmetric-key
Skema ini adalah algoritma yang menggunakan kunci yang berbeda untuk proses enkripsi dan dekripsinya. Skema ini disebut juga sebagai sistem kriptografi Public-key   karena kunci untuk enkripsi dibuat secara umum (public-key) atau dapat diketahui siapa saja, tapi untuk proses dekripsinya dibuat satu hanya oleh yang berwenang untuk mendekripsinya, disebut private-key. Keuntungan skema model ini, untuk berkorespondensi secara rahasia dengan banyak pihak tidak diperlukan kunci rahasia sebanyak jumlah pihak tersebut, cukup membuat dua buah kunci, yaitu public-key bagi para korensponden untuk mengenkripsi pesan, dan private-key untuk mendekripsi pesan. Berbeda dengan skema symmetric-key,  jumlah kunci yang dibuat adalah sebanyak jumlah pihak yang diajak berkorespondensi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me : Heru Ikhram Wicaksono

Foto saya
I'm Simple 'n easy.. low profile

Box Office Century

  • Dragon Balls Evolution
  • X-Men Evolution
  • Fast 'n Furious
  • Lord Of The Ring
  • Gladiator
  • Apocalipto
  • Transporters Salvation
  • Transformers 3
  • Distric 09