Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Minggu, Juni 16, 2013

Estimasi dalam Proyek Pengembangan S.I

/ On : 22.35/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan hubungan saya lebih lanjut via e-mail di herdiansyah_hamzah@yahoo.com.
Menurut saya,
Estimasi biaya dan usaha proyek merupakan suatu kegiatan pengaturan sumber daya dalam mencapai tujuan dan sasaran dari proyek, sehingga proyek dapat berjalan sesuai dengan tahapan dan target yang dikehendaki. Dalam usaha estimasi sering menghadapi dua permasalahan yaitu over-estimates dan under-estimates. Overestimates (estimasi berlebihan) akan menimbulkan penambahan alokasi sumberdaya dari yang dibutuhkan sehingga akan meningkatkan penanganan managerial. Sedangkan estimasi yang kurang (under-estimates) akan mengurangi kualitas dari produk karena tidak sesuai dengan standar. Untuk itu perlu dilakukan langkah yang hati-hati dalam melakukan estimasi suatu proyek software sehingga dapat dicapai keberhasilan proyek yaitu tepat waktu, sesuai budget dan terpenuhinya standar kualitas produk.
Selain itu, Estimasi merupakan sebuah proses pengulangan. Pemanggilan ulang estimasi yang pertama dilakukan selama fase definisi, yaitu ketika anda menulis rencana pendahuluan proyek. Hal ini perlu dilakukan, karena anda membutuhkan estimasi untuk proposal. Setelah fase analisis direncanakan ulang, anda harus memeriksa estimasi dan merubah rencana pendahuluan proyek menjadi rencana akhir proyek.
Contoh data estimasi Biaya untuk implementasi “Sistem Gudang On-Line diperkirakan sebagai berikut:
No Kegiatan Jumlah (Rp)
1 Studi Kelayakan  Rp           300.000
2 Desain Fungsi  Rp           750.000
3 Pemrograman  Rp        2.000.000
4 Pengujian  Rp           250.000
5 Pelatihan  Rp           500.000
6 Pemeliharaan  Rp           600.000
7 Dokumentasi (50 hal)  Rp           100.000
Jumlah Total  Rp        4.500.000

Teknik-Teknik Estimasi Biaya Perangkat Lunak sebagai berikut :
1.  Algorithmic models : menggunakan ‘effort driver’ yang menggambarkan karakteristik dari sistem target dan lingkungan implementasi untuk memprediksi biaya.
2.    Expert  judgement : dimana nasehat staf yang memiliki kemampuan  sangat diharapkan
3.  Analogy : kemiripan, kelengkapan, proyek diidentifikasi dan biaya aktualnya digunakan sebagai dasar estimasi proyek baru.
4.  Parkinson : mengidentifikasi kelayakan biaya staf untuk mengerjakan proyek dan menggunakannya sebagai estimasi   (bukan merupakan metode prediksi biaya yang sebenarnya).
5.    Price to win : estimasi harus kelihatan cukup rendah untuk memenangkan kontrak. 
6.  Top-down: keseluruhan estimasi diformulasikan untuk keseluruhan proyek yang kemudian dipecah ke dalam usaha yang  diperlukan untuk komponen-komponen tugas.

7.   Bottom-up : komponen-komponen tugas diidentifikasi, diukur dan dilakukan estimasi sendiri-sendiri untuk kemudian dijumlahkan  


Referensi :
http://www.batan.go.id/ppin/lokakarya/LKSTN_17/SUHARJITO.pdf
http://yayuk05.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me : Heru Ikhram Wicaksono

Foto saya
I'm Simple 'n easy.. low profile

Box Office Century

  • Dragon Balls Evolution
  • X-Men Evolution
  • Fast 'n Furious
  • Lord Of The Ring
  • Gladiator
  • Apocalipto
  • Transporters Salvation
  • Transformers 3
  • Distric 09